PENGEMBANGAN KREATIVITAS SISWA SMK BINAMITRA DALAM MEMBUAT APLIKASI ANDROID SEDERHANA BERBASIS BLOCK PROGRAMMING

Authors

  • Dewi Marini Umi Atmaja Prodi Bisnis Digital, Universitas Medika Suherman Author
  • Arif Rahman Hakim Prodi Bisnis Digital, Universitas Medika Suherman Author

Keywords:

Aplikasi Android, Kodular, Pengabdian Masyarakat, Pengembangan Keterampilan, SMK

Abstract

Pengembangan keterampilan digital bagi siswa SMK sangat penting untuk mempersiapkan mereka menghadapi kebutuhan industri yang terus berkembang. Salah satu keterampilan yang dibutuhkan adalah kemampuan dalam pengembangan aplikasi mobile. Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilakukan untuk meningkatkan keterampilan siswa SMK Binamitra dalam pembuatan aplikasi Android menggunakan platform Kodular. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah pelatihan langsung yang melibatkan dosen dan mahasiswa Universitas Telkom Jakarta sebagai fasilitator. Pelatihan ini dilaksanakan dalam bentuk sesi praktikum yang memberikan pemahaman praktis tentang pembuatan aplikasi tanpa memerlukan keterampilan pemrograman yang mendalam. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan bahwa siswa dapat mengembangkan aplikasi Android sederhana dengan menggunakan platform Kodular, serta memahami dasar-dasar pengembangan aplikasi mobile. Kegiatan ini juga memberikan dampak positif dalam meningkatkan motivasi dan minat siswa terhadap pengembangan teknologi. Simpulan dari kegiatan ini adalah penggunaan platform visual seperti Kodular efektif dalam meningkatkan keterampilan digital siswa, meskipun perlu ada pelatihan lanjutan untuk memperdalam pengetahuan mereka dalam pengembangan aplikasi yang lebih kompleks.

Downloads

Published

2024-02-29

How to Cite

PENGEMBANGAN KREATIVITAS SISWA SMK BINAMITRA DALAM MEMBUAT APLIKASI ANDROID SEDERHANA BERBASIS BLOCK PROGRAMMING . (2024). Jurnal Abdimas Medika Suherman, 3(01), 27-34. https://publikasi.medikasuherman.ac.id/index.php/jams/article/view/166

Similar Articles

11-20 of 27

You may also start an advanced similarity search for this article.